Selasa, 19 November 2013

PERBANDINGAN WEB ANTARA ORGANISASI PUBLIK DENGAN ORAGANISASI SWASTA


PERBANDINGAN WEB ANTARA ORGANISASI PUBLIK DENGAN ORAGANISASI SWASTA




ARIF RAHMAN
1101585

DOSEN PENGAJAR




ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
                                                                         2013


PERBEDAAN WEBSITE ORGANISASI PUBLIK DENGAN ORGANISASI SWASTA
Setiap orang selalu memerlukan beragam barang dan jasa baik yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta. Produk barang atau jasa yang disediakan pemerintah (public goods) diantaranya adalah pelayanan atas keamanan, pelayanan identitas diri seperti KTP,SIM maupun akta tanah, pelayanan listrik, pelayanan pendidikan maupun kesehatan. Meskipun untuk yang dua hal terakhir (pelayanan pendidikan dan kesehatan), pihak swasta juga menyediakannya. Masyarakat berhak memilihnya, sebab penyediaan layanan pendidikan maupun kesehatan tergolong pada substitute public goods (penyediaan pelayanan atas barang dan/atau jasa yang dilakukan lembaga pemerintah dan juga lembaga swasta). 
Yang menjadi perbedaan mendasar antara pelayanan yang disediakan oleh negara (institusi pelayanan publik) dan swasta adalah dari sudut peran. Bahwa negara wajib mengelola sumber daya yang dimiliki dan mengalokasikan (dalam bentuk pelayanan publik dan subsidi) kepada rakyat demi kesejahteraannya. Oleh karena itulah, institusi pelayanan publik bertanggungjawab kepada otoritas politik dan hukum. Disamping itu pelayanan oleh pemerintah tidak bersifat mencari laba (non-profit oriented). Hal ini dikarenakan sumber pendanaan institusi publik berasal dari dana publik, yang berasal dari retribusi dan pajak. Artinya penyediaan layanan tidak boleh memperhitungkan seberapa besar profit atau keuntungan yang diperoleh.
Sehingga, pelayanan publik akan bersifat ekonomis artinya biaya yang dibebankan harus terjangkau oleh masyarakat, bahkan gratis. Namun hingga saat ini, pelayanan publik atas hak-hak dasar masyarakat seringkali membuat kita kecewa bahkan frustasi sebab selalu dibayang-bayangi dengan realitas yang berbelit-belit, mahal, mutu/kualitas rendah masih ditambah dengan banyaknya calo sehingga melahirkan banyak pungli disana-sini.
A.    Website pada Organisasi Publik
Contoh :
a.      Pada Aspek : http://www.komisihukum.go.id
Warna : Website ini memilki warna dominan biru,ada warna merah pada bagian atas tampilan.
Konten : Isi pada website ini ada halaman Utama, Galeri Kegiatan, Suara Pembaca, Link-link resmi pemerintah lainnya, dan berita-berita seputar Hukum.
Gambar : Pada website ini terdapat foto kegiatan – kegiatan dari komisi hukum, lambang negara (burung garuda), simbol – simbol dari hukum (palu hakim,buku undang - undang) dan gedung dari komisi hukum tersebut.
b.      Pada Aspek : http://www.mofa.gov.vn
Warna : Website ini memiliki warna dasar putih, dominan biru, dan ada bagian dari tampilan berwarna merah – oranye.
Konten : Isi pada website ini terdapat, berita dari negara tersebut, terdapat aplikasi yang memudahkan untuk lebih mendapatkan informasi dari negara tersebut. Terdapat informasi tentang kegiatan dan pernyataan dari menteri, juru bicara.
Gambar : Pada website ini terdapat gambar – gambar dari pemandangan alam vietnam sendiri, dan juga terdapat peta dari negara tersebut. Terdapat lambang negara, lambang asean.

B.     Website pada Organisasi Swasta
Contoh :
a.      Aspek : http://www.nestle.co.id/
Warna : Warna dasar putih dengan dominan warna biru.
Layout : Tidak terdapat gambar pada background. Namun dalam situs terdapat tampilan lambang dari perusahaan tersebut.
Fasilitas yang harus ada : Semua fasilitas telah ada dalam situs ini.
Posisi menu dan berita : Dalam website ini posisi menunya ada dibagian atas,dan bagian samping kanan. berita terdapat pada bagian tengah tampilan. dan terdapat bagian iklan dalam tampilan sebelah kanan.
b.      Aspek : http://www.unilever.co.id/
Warna : Warna dasar putih dengan warna – warna tulisan yang variatif. Dan terdapat variasi warna oranye-pink dan biru.
Layout : Terdapat background, mungkin lambang dari perusahaan. Hanya background tersebut hanya berada pada tampilan bagian atas web.
Fasilitas yang harus ada : Dalam website ini sudah ada fasilitas semuanya.
Posisi menu dan berita : Posisi menu dalam website ini ada dibagian atas, dan posisi berita juga ada dibagian atas,jika di klik news info baru akan muncul.
Selain itu juga ada perbedaan lain pada organisasi paublik atau pemerintah antara lain :
A.     PEMERINTAHAN
ASPEK
Warna
Website resmi dari pemerintahan Indonesia ini di dominasi oleh warna merah dengan tulisannya juga dan sebagian tulisan pakai tulisan hitam.
Letak
Letak menu-menu lumayan baik, dengan tujuh pilihan utama dibagian atas atau di bawah header, bagian kiri atas ada video yang menampilkan tentang Indonesia, dan bagian tengah terdapat berbagai informasi mengenai berita terkini Indonesia beserta gambarnya.
Filosofi
Filosofi mengenai website ini adalah tampilannya yang berwarna merah merupakan bagian dari bendera Negara Indonesia, dan memakai lambang garuda pancasila sebagia symbol dari jati diri negara Indonesia dan semboyan bhineka tunggal ika.
Fasilitas yang Ada
Terdapat fasilitas yang cukup memadai dari website ini, dimana terdapat  menu mengenai info tentang Indonesia, informasi tentang persiden dan wakilnya, kabinet Indonesia bersatu jilid ii, produk hokum, pidato, istana. Informasi tersebut bisa diaksese siapa saja yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Negara Indonesia.

B.     PERUSAHAAN
Aspek
Warna
Website resmi PT Pertamina ini di dominasi oleh warna biru muda sebagai bagroundnya, dengan tulisan warna biru dan merah
Letak
Letak dari menu cukup baik dengan desain website yang sederhana, dan dibagian atas terdapat gambar mengenai pertamina yang setiap detiknya bisa berganti-ganti.
Filosofi
Website ini menggunakan logo pertamina dibagian kanan atas dimana itu mengindikasikan sebagai perusahaan milik Indonesia.
Fasilitas yang Ada
Terdapat beberapa pilihan menu utama yang dapat diakseses pengunjung unuk mengetahui mengenai produk apa saja yang ada di pertamina ini.



Contoh perbandingan web pemerintah dengan swasta:

1.    Mengamati situs website pemerintah kota jakarta selatan
Pemerintah dalam menjalani tugasnya untuk memenuhi kebutuhan rakyat itu merupakan sebuah keharusan yang diamatkan oleh UUD 1945. Dengan zaman sekarang yang tentunya media sangat dibutuhkan oleh Pemerintah dan masyarakat, tentunya dengan media yang mampu membuat masyarakat bisa menjalankan komunikasi yang lancar dengan pemerintah kota setempat.
Proses komunikasi yang lancar menandakan bahwa terjalin suasana kondusif antara yang dipererintah dan memerintah. Penggunaan jasa internet yang saat ini memberikan kemudahan bagi Pemerintah dan masyarakat untuk mengkomunikasikan kebijakan serta memudahkan masyarakat untuk mengenal pemerintah, tempat tinggalnya, terkait dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mengembangkan proses e-government tentunya sangat cocok untuk mempraktekan pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi.
Pemerintahan kota Jakarta Selatan yang dipimpin oleh Bapak Walikota Syahrul Effendi, SH, Msi dan Wakil Walikota H. M. Anas Effendi SH, Msi memiliki website khusus untuk mengetahui berita-berita tentang Jaksel. Terkait dengan Website itu dapat diamati memang tidak mudah untuk selalu meng-update berita-berita tertentu tetapi memang sudah keharusan agar terciptanya kondisi komunikasi 2 arah yang baik.
Profil Walikota yang lengkap dengan segala biodata dan pengalaman hidupnya tercantum dengan lengkap. Kondisi tampilan website terkait tidak terlalu buruk dengan disisihkan gambar-gambar  budaya betawi dan lambang kota jakarta itu sendiri. Melihat adanya video terbaru menandakan memang setiap adanya kegiatan yang terkait tersimpan dan terpublikasi dengan baik. Selain itu, web ini memiliki pembagian khusus berita-berita pembangunan, pemerintahan, kesejahteraan dan ekonomi.

2.      Mengamati situs website milik swasta PT. Indofood
PT. Indofood adalah salah satu perusahaan besar di Indonesia yang menjadikan makanan instan sebagai penjualannya. Dengan adanya situs Website terkait tentunya memudahkan masyarakat dalam mengetahui semua tentang perusahaan tersebut. Dengan mengamati website terkait dapat disimimpulkan bahwa website ini sangat kreatif dan memiliki karakteristik berbeda. Mungkin sebagai perusahaan swsta yang memiliki SDM yang terpilih untuk mengelola website ini memang handal dalam teknologi informasi.
Perusahaan yang bergerak di bidang pangan ini memiliki web yang begitu update segala jenis pangan yang perusahaan itu jual memiliki identitas masing-masing. Selain itu, adanya halaman khusus untuk menarik para investor untuk membeli saham mereka terkait dengan strategi atau rahasia perusahaan yang menjadikan saham sebagai penjualan kepada investor lebih memilih dalam pendekatan yang lebih intensif kepada investor dan perusahaaan.
Perusahaan yang memiliki web khusus menjadikan sebagai proses pengenalan kepada masyarakat untuk daya tarik produk yang mereka jual agar masyarakat lebih terbiasa dalam mengenal mereka. Tetapi memang di Indonesia ini masyarakat tertentu yang bisa mengakses web ini, tentunya mereka juga berperan penting dalam membangun negeri ini dengan juga menjadikan produk Indonesia terkenal di luar negeri. Website Indofood juga memiliki diagram untuk nilai tingkat saham, kondisi ini menekankan bahwa diperjelas oleh diagram dan data statistik. Perusaahaan terbesar di Indonesia ini tentunya dalam menjaga kondisi web mereka selalu update karena disisi lain untuk komersial serta eksistensi mereka di dunia maya.

Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.
Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web (Diakses pada tanggal 17 November 2013)
http://9h13.wordpress.com/2011/11/29/perbedaan-website-luar-dalam-negri-pemerintahan-perusahaan-pribadi/(Diakses pada tanggal 17 November 2013)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar